Kamis, 06 Oktober 2011

Cara Menanam Mawar

Cara Menanam Mawar
Bunga Mawar seperti halnya tanaman hias lain memerlukan tanah yang subur, paling bagus yang diberi kompos atau humus. Pilih lokasi yang terkena matahari langsung, tidak banyak terpaan angin. Mawar memerlukan penyinaran matahari minimal 6 jam perhari untuk menghasilkan bunga yang banyak dan terus menerus. Mawar tidak suka tanah yg liat atau tanah yg becek, pilih lokasi yang airnya tidak tergenang / stag. Bila tanahnya terlalu liat campur dengan kompos / humus dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
madame-pierre-oger

Rose madame-pierre-oger

Buat lobang dengan kedalaman minimal 50 cm. Isi dengan tanah subur, dan pupuk organik atau pupuk khusus untuk mawar dan untuk tanah liat atau tanah berpasir, campur tanah : kompos : pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jarak antar tanaman tergantung jenis mawar yg anda tanam. Bila anda menanam mawar penutup tanah maka jarak antar mawar sekitar 30 cm. Kalo mawar untuk pergola memerlukan jarak 1m bahkan 2 m tergantung jenis mawar. Mawar untuk pagar atau bunga potong biasanya berjarak tanam 50 – 60cm.

Saat awal tanam, mawar perlu disiram setiap hari dengan banyak, disiram hanya pada tanahnya, pilih penyiraman saat pagi hari atau sore hari di mana tidak ada lagi matahari. Ingat hanya tanahnya saja jangan daunnya. Pada saat musim berbunga mawar juga memerlukan banyak air, sirami dengan melimpah. Bila sudah berumur 2 tahun di taman anda, frekwensi penyirama sudah bisa dikurangi menjadi 4 hari sekali, tapi teteup setiap kali disiram harus sampai tanahnya benar benar basah sampai ke akar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maher Zein - Insya Allah